Halaman

Senin, 26 Agustus 2013

SIMBOL WARNA DALAM MERGA SILIMA SUKU KARO


Di bagian bawah dinding Rumah Adat Karo,terdapat ukiran motif berbentuk bunga dan lainnya.Motif tersebut memiliki 5 warna utama.Dimana setiap ukiran bunga berkait melambangkan keakraban antara lima Suku Karo yang saling bersaudara. Warna merah adalah simbol  Milik Merga Ginting. Hitam milik Merga Sembiring,Putih menyimbolkan Suku Perangin-Angin, Tarigan dengan warna biru, dan Kuning keemasan simbol untuk Suku Karo-Karo.Hal ini dituturkan oleh Bapak Manik Ginting,warga desa budaya Lingga kecamatan simpang empat Kabupaten Karo sewaktu menjelaskan makna Bagian Rumah Adat Karo kepada pengunjung desa budaya Lingga. Info nya bisa dilihat di   ( http://www.acehkita.com/berita/lingga-dinasti-yang-terlupakan/ ).

Hal tersebut melambangkan Kerukunan dan Komposisi Masyarakat Suku Karo yang terdiri dari 5 Merga yang disebut dengan Merga Silima.Pada motif dan warna beberapa pakaian adat suku karo seperti Uis Gara dan Beka Buluh Juga terdapat 5 warna yang mewakili 5 Merga tadi,yang melambangkan keakraban dan kehormatan Ke lima Merga Induk Suku Karo dalam konteks Adat maupun Kehidupan Sehari-hari.

Kearifan Lokal dan Budaya yang dirintis oleh para leluhur Suku Karo memang banyak memberikan kontribusi dalam membina kehidupan Masyarakat dan Pemerintahan Adat dalam Suku Karo Sehingga Menjaga Persatuan sesama Suku Karo dan masyarakat Lainnya sudah sewajibnya kita Selaku Generasi Penerus Suku Karo untuk melaksanakannya.

M.Irwansyah Ginting Manik 

Bujur ras  Mejuah-juah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar